SEKRETARIS

TUGAS DAN FUNGSI

Sekretaris mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian penyelenggaraan tugas secara terpadu, pelayanan administrasi, dan pelaksanaan di bidang perencanaan, evaluasi dan pelaporan, keuangan, umumdan kepegawaian sesuai dengan kebijakan teknis yang ditetapkan oleh kepala dinas.

 

Tugas tersebut diuraikan sebagai berikut:

a.           menyusun rencana kerja sekretariat berdasarkan rencana strategis dan rencana kerja Dinas;

b.          mengkoordinasikan penyusunan rencana strategis dan rencana kerja Dinas;

c.           memberi petunjuk, arahan dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;

d.          mempelajari, menelaah peraturan perundang-undangan, keputusan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis program kegiatan Dinas sesuai dengan bidang tugas; melaksanakan sistem pengendalian intern pelaksanaan kegiatan agar efektif dan efisien sesuai peraturan perundang- undangan;

e.           menerapkan standar pelayanan minimal sesuai bidang tugas; merumuskan kebiakan teknis, pembinaan dan pengkoordinasian penyelenggaraan urusan kesekretariatan; mengelola administrasi perencanaan, evaluasi dan pelaporan; mengelola administrasi keuangan;

f.            mengelola administrasi umum;

g.           mengelola administrasi kepegawaian;

h.          melaksanakan penyusunan indikator dan pengukuran kinerja di bidang perencanaan, evaluasi dan pelaporan, keuangan, umum dan kepegawaian;

i.             melaksanakan koordinasi dan verifikasi laporan penyusunan rencana strategis, rencana kerja, LKjIP, LKPJ, LPPD dan EKPPD Dinas;

j.             memeriksa dan menilai hasil kerja bawahan secara periodik; memberikan usul dan saran kepada atasan dalam kelancaran pelaksanaan tugas;

k.           melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan

 

l.             melaksanakan tugas tambahan terkait yang diberikan oleh atasan.