Sudah Jadi Kader Selama 33 Tahun, Eyang Mul Minta Pensiun

Sudah Jadi Kader Selama 33 Tahun, Eyang Mul Minta Pensiun

Menjadi kader KB bukanlah sebuah pekerjaan yang menyenangkan dan bergaji tinggi. Bahkan kader KB hanyalah pekerjaan sukarela membantu pemerintah mensukseskan program Keluarga Berencana. Tugasnya “hanyalah” mengenalkan program KB terutama penggunaan alat kontrasepsi kepada warga masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.

Ya. Memang sejak dicanangkan program Keluarga Berencana pada tahun 70-an. Pemerintah tidak berjalan sendiri dalam menjalankan program KB. Selain merekrut masyarakat sekitar sebagai kader KB, pemerintah juga menjalin kerjasama dengan tokoh tokoh masyarakat, kyai, ustadz, pendeta, dll untuk mensukseskan program KB.

Namun dari itu semuanya, kader KB memang sangat special. Berasal dari masyarakat sendiri, kader KB harus selalu siap mengajak orang mengikuti KB. Setiap ada jemuran popok bayi, kader harus segera menemui ibu yang baru melahirkan untuk ikut KB. Bahkan sejak melihat tetangga hamil, kader sudah harus mengenalkan KB.

Salah satu kader KB yang cukup melegenda di Kota Surakarta adalah Eyang Mul. Warga Danukusuman Kecamatan Serengan ini mengaku telah menjadi kader KB sejak tahun 1987. Berbagai pengalaman suka dan duka pernah dia alami. Beliau bahkan menjadi kader yang turut mendirikan Forum Komunikasi Petugas dan Pengelola KB Desa ( FKPPKBD) Kecamatan Serengan. Yaitu sebuah wadah yang menyatukan antara Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB).

Namun pada akhirnya usialah yang membatasi gerak langkah seseorang. Bersamaan dengan diadakannya pertemuan FKPPKBD Kecamatan Serengan Kamis 20/2 2020 ini Eyang Mul mohon pensiun dari kader KB. Maklum usianya sudah 90-an tahun.

Dihadapan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Surakarta, wakil Kecamatan Serengan, Lurah Tipes, dan teman teman sesama kader beliau mohon diri.

Sebagai kata pelepasan, Ibu Purwanti Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Surakarta mengucapkan terima kasih yang tak terhingga dan mendoakan agar Eyang Mul senantiasa dikaruniai kesehatan dan keselamatan, serta dapat menjadi motivasi bagi kader-kader yang lebih muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *