Senam Sajojo Meriahkan hari Kontrasepsi Sedunia

Senam Sajojo Meriahkan hari Kontrasepsi Sedunia

Pemerintah Kota Surakarta mengadakan Senam Sajojo Bersama dalam memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia yang jatuh setiap tanggal 26 September.

Kegiatan yang diadakan di halaman depan Balai Kota Surakarta itu diikuti oleh seluruh pegawai Pemkot Surakarta dan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Senam diikuti pula oleh Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo,Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Purwanti, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Surakarta, Camat dan Lurah di Kota Surakarta, kader Keluarga Berencana, dan para ASN Pemkot Surakarta.

Sementara itu saat senam, para peserta terlihat sangat bersemangat mengikuti gerakan yang dicontohkan oleh instruktur dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Peringatan hari kontrasepsi sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan kontrasepsi dan mengupayakan generasi muda untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual,”

Data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKN) menyebutkan, tahun 2020 ini terjadi penurunan lebih dari 1 juta layanan keluarga berencana (KB) selama bulan Januari – April 2020.

Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan masalah bagi keluarga di tengah situasi ekonomi yang sedang lesu dan tantangan bagi pemerintah dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk.

Momen hari kontrasepsi sedunia penting untuk digaungkan agar pentingnya keluarga berencana untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera serta mengendalikan pertambahan penduduk sesuai dengan norma keluarga kecil bahagia sejahtera dengan jalan mengendalikan jumlah kelahiran.

“Saya paham dengan situasi pandemi covid-19 yang pasti menambah tantangan dalam melaksanakan tugas, saya berpesan agar para penyuluh dan para kader memanfaatkan semaksimal mungkin kemudahan teknologi dan memanfaatkan relasi yang dimiliki guna mengoptimalkan tugas masing-masing”.

Dengan adanya peringatan ini, Rudy meminta agar para stakeholder dapat turut berkontribusi mewujudkan keberhasilan program Bangga Kencana demi menciptakan kemajuan, kestabilan, dan kesejahteraan ekonomi, sosial, serta spiritual setiap penduduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *