Program Baru SULTANIKAH CAPINGAN sudah di uji cobakan hari ini

Program Baru SULTANIKAH CAPINGAN sudah di uji cobakan hari ini

Pernikahan atau perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Akibat dari tidak memahami tujuan perkawinan akan menyebabkan ketidak harmonisan pasangan suami istri dan bahkan bisa berakhir pada perceraian. Angka perceraian di Indonesia kurang lebih 300.000 pasang (lebih dari 10%) dari jumlah perkawinan di Indonesia setiap tahunnya 2.300.000 pasang (data Kemenag 2014).

Maka dari itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Kelurga Berencana, Purwanti  berinisiatif membuat program baru untuk para Calon Pengantin yang mau melangsungkan pernikahan agar dapat mengikuti konseling  SULTANIKAH CAPINGAN singkatan dari konsultasi  pra nikah bagi calon pinanganten . Program ini dilatar belakangi karena meningkatnya kasus perceraian di Indonseia khususnya di massa pandemic covid-19 ini. Karena itu pemerintah Kota Surakarta menimbang bahwa para calon pengantin perlu diberi konseling  persiapan sebelum menikah , bentuk peyanan program ini terdiri atas 3 jenis yaitu konsultasi , pemberian buku saku, dan surat keterangan konsultasi, pelayanan  dilaksanakan di KUA untuk umat ISLAM, sementara untuk lainnya dilaksanakan di tempat ibadah masing-masing dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran di kantor Kelurahan dan mendapatkan surat pengantar .

Dan mulai hari ini Senin, 10 Agustus 2020 sudah di laksanakan serentak oleh Pejabat Lapangan ,  yakni PLKB yang saat ini berada di Kantor Urusan Agama di 5 wilayah kecamatan masing-masing.

 

Konsultsi Sultanikah Capingan Kecamatan Jebres
Konsultsi Sultanikah Capingan di Kecamatan Laweyan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *