Pendataan Keluarga Tahun 2021

Pendataan Keluarga Tahun 2021

Surakarta – Pada Undang – undang no 52 Tahun 2009 tentang Pekembangan Kependudukan dan Pembanggunan Keluarga yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah no 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga menjelaskan tentang Pendataan Keluarga merupakan kegiatan dalam rangka mendapatkan data keluarga Indonesia yang diselenggarakan BKKBN secara serentak 5 tahun sekali. Data informasi keluarga diperlukan untuk mendukung penyelenggaraan perkembangan Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Sesuai jadwal seharunya kegiatan ini dilaksanakan pada tahun 2020, dikarenakan adanya pandemi Covid-19 maka pelaksanaan dan pendanaan ditunda pada tahun 2021. Pendataan keluarga direncanakan akan diselenggarakan pada 1 April – 31 Mei 2021 secara serentak di seluruh Indonesia. Pada pendataan kali ini terdapat 3 indikator yaitu kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Ada 1 indikator tambahan yaitu stunting, hal ini sebagai tindak lanjut dari penunjukkan Presiden kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai ketua pelaksana program luar biasa penanganan stunting di Indonesia. Dengan adanya penambahan index/ indicator stunting pada form pendataan keluarga diharapkan mampu menjadi sumber data/ informasi / program / dukungan / intervensi oleh pemerintah atau sector lain dalam upaya mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia serta peretasan keluarga dari kemiskinan dan ketertinggalan.

Pendataan Keluarga kali ini menargetkan data akurat dan lengkap dengan parameter by name by address sehingga profil PUS dapat diperoleh lengkap yang sebelumnya tidak tersedia pada sumber data manapun. Dalam upaya percepatan pendataan keluarga, pelaksanaan pendataan kali ini menggunakan 2 media yaitu smartphone dan formulir paper. Dengan penambahan prasarana smartphone data akan langsung terupdate dan dapat dipantau secara langsung.

Dukungan dari para pejabat daerah berubah surat edaran dan statement himbauan pada warganya terus berdengung demi mensukseskan Pendataan Keluarga tahun 2021. Tak ketinggalan Walikota Surakarta Bapak Gibran Rakabuming Raka juga ikut memberikan statement dukungan demi tersuksekannya Pendataan Keluarga Tahun 2021.

Pendataan Keluarga, Awal Perencanaan Keluarga. Berencana itu Keren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *