Pelayanan KB Gratis di Kota Surakarta dalam rangka Harlah Muslimat NU

Pelayanan KB Gratis di Kota Surakarta dalam rangka Harlah Muslimat NU

Dalam rangka Harlah Muslimat NU yang ke -74 Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Surakarta menggelar Pelayanan KB Gratis di 5 tempat sesuai dengan 5 kecamatan yang ada di Kota Surakarta. DPPKB telah mempersiapkan pelayanan KB gratis ini jauh-jauh hari dengan mempersiapkan tempat dan tenaga medis serta calon akseptor yang akan dipasang. Persiapan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Muslimat NU Cabang Surakarta serta para Kader PPKBD dan Sub-PPKBD yang senantiasa bekerjasama dengan DPPKB Kota Surakarta untuk merealisasikan program-program DPPKB Kota Surakarta.

 

Pelayanan KB di Puskesmas Sibela Kecamatan Jebres

Momentum pelayanan KB ini diselenggarakan dengan targe t 180 akseptor Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Dalam pelaksanaannya Pelayanan KB momentum ini melebihi target yang telah ditetapkan oleh DPPKB Kota Surakarta. Dinilai dari banyaknya calon akseptor yang aktusias mendaftarkan diri untuk menggunakan KB. Dalam momentum ini, DPPKB Kota Surakarta mengarahkan akseptor untuk menggunakan KB MKJP antara lain Intra Uterine Device (IUD) atau lebih dikenal dengan sebutan spiral dan impant (lebih dikenal dengan susuk). Pelaksananaan Pelayanan KB Momentum ini dilaksanakan di 5 tempat antara lain :

  1. Pusmesmas Sangkrah kecamatan Pasar Kliwon ditargetkan memperoleh 30 akseptor, saat pelaksanaan pada tanggal 10 Februari 2020 kemarin telah melebihi target mencapai 51 akseptor MKJP.
  2. Puskesmas Krembyongan kecamatan Banjarsari dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2020 yang ditargetkan memperoleh 50 akseptor, saat pelaksanaan melebihi target yaitu mencapai 55 akseptor MKJP.
  3. Puskesmas Sibela kecamatan Jebres dilaksanakan pada tanggal 11 Februarai 2020 yang ditargetkan memperoleh 50 akseptor ternyata memperoleh 82 akspetor MKJP.
  4. Klinik Bhayangkara melayani calon akseptor kecamatan Laweyan ditagetkan memperoleh 30 akseptor, saat pelaksanaan pada tanggal 11 Februari 2020 sesuai dengan target 30 akseptor MKJP.
  5. Puskesmas Kratonan kecamatan Serengan yang pelaksanaannya pada tanggal 19 Februari 2020 ditargetkan memperoleh 20 akseptor MKJP

Pelayanan KB gratis dalam rangka momentum Harlah Muslimat NU pada tahun 2020 sebenarnya ini merupakan lanjutan dari kegiatan Gugur Gunung KB atau disebut juga Susur Kampung yang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2020. Hasil kegiatan dapat membanggakan dengan terlihat akseptor yang dilayani melebihi target yang ditetapkan. Hal ini merupakan hasil dari kerja keras bersama dari DPPKB Kota Surakarta, kader PPKBD, Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Camat, Lurah, serta stakeholder yang turut serta membantu program Pemerintah Kota Surakarta untuk meningkatkan kesejahteraan warga Kota Surakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *