Pelantikan dan Sosialisasi KKI

Pelantikan dan Sosialisasi KKI

Surakarta – Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) adalah mitra pemerintah di bidang kependudukan, yang bertugas menjadi motivator ataupun pembicara dalam mensosialisasikan Program Bangga Kencana serta menjadi pusat kajian dan pertukaran informasi mengenai kependudukan kepada masyarakat. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merupakan badan pemerintah yang bekerjasama langsung dengan KKI dan bertanggungjawab dalam terlaksananya KKI secara aktif dimasing-masing kota. Kependudukan sendiri tidak hanya terbatas pada pengaturan angka dan jarak kelahiran tapi juga mencakup kemiskinan, pendidikan dan banyak lagi.

Kota Surakarta pada hari Senin, 24 Mei 2021 melaksanakan pelantikan untuk pengurus KKI periode 2021 – 2024. Dalam proses pelantikan dihadiri oleh perwakilan DPRD, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta, Ketua KKI Provinsi Jawa Tengah dan perwakilan dari BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Pelantikan dilaksanakan di ruang rapat Gedung Dinas Kesehatan Kota Surakarta yang berada di Kompleks Balai Kota Surakarta. Ada 27 penggurus yang dilantik dengan 7 komisi. Pengurus KKI sendiri terdiri dari perwakilan dari dinas dinas di Kota Surakarta yang terlibat dalam kependudukan dan juga akademisi universitas. Pelantikan dilakukan oleh Ketua KKI Provinsi Jawa Tengah Ir. Saratri Wilonoyudho, M.Si.

Setelah pelantikan acara dilanjutkan dengan diskusi terbuka dengan 3 pemateri yaitu Dra. Harlin Is Ambarwati yang merupakan koordinator Bidang Pengendalian Penduduk Provinsi Jawa Tengah, Ir. Saratri Wilinoyudho, M.Si selaku ketua KKI Provinsi Jawa Tengah dan Ir. Retno Setyowati, MS selaku ketua KKI Kota Surakarta. Ada 3 materi yang dibahas dalam diskusi yaitu tentang Program Bangga Kencana yang disampaikan oleh ibu Harlin, tugas – tugas KKI yang dibahas oleh bapak Saratri dan terakhir adalah rencana gerak KKI Surakarta yang disampaikan oleh ibu Retno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *