Orientasi Kader Pendataan Keluarga 2021

Orientasi Kader Pendataan Keluarga 2021

Surakarta – Pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2021 sudah semakin dekat. Segala persiapan administrasi  maupun teknis terus dipersiapkan guna mensukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021, salah satu diantaranya adalah orientasi kader. Pendataan keluarga akan dilaksanakan door to door ke rumah – rumah warga oleh kader pendata, oleh sebab itu perlu adanya orientasi kepada kader tentang proses pendataan dan poin poin yang ada dalam formulir pendataan sehingga data yang nantinya diinput adalah data valid dan akurat.

Orientasi kader merupakan wadah untuk memberi pemahaman pada kader tentang pendataan keluarga baik secara administrasi maupun teknis. Pada orientasi pendataan kader akan diedukasi mengenai cara pengisian formulir, Teknik wawancara sampai dengan pelaporan. Pelaksanaan orientasi dilakukan oleh tim teaching PK21 yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari BKKBN baik secara online maupun offline.

Teknis pelaksanaan orientasi diatur oleh masing-masing kabupaten/kota. Kota Surakarta sendiri memilih untuk melaksanakan orientasi per kelurahan, selain karena pandemi yang masih belum berakhir pelaksanaan orientasi per kelurahan ini dianggap paling efektif karena jumlah peserta tidak banyak sehingga proses edukasi dan tanya jawab lebih efektif.

Orientasi pertama dilaksanakan pada hari Senin, 20 Maret 2021 sampai dengan tanggal 28 Maret 2021. Dengan total jumlah kelurahan 54, pelaksanaan orientasi dilakukan hamper setiap hari dibeberapa titik. Pelaksanan orientasi paling banyak dilaksanakan di masing-masing pendapa kelurahan atau balai penyuluh KB masing-masing kecamatan. Alasan pemilihan lokasi bukan tanpa sebab, dikarenakan Kota Surakarta berencana untuk melakukan pendataan sepenuhnya dengan aplikasi (webbase) maka dalam pelatihannya perlu adanya koneksi wifi dan prasarana lain untuk lebih memudahkan penjelasan.

Sebelum kick off pelaksanaan pendataan pada tanggal 1 April Kota Surakarta sendiri rencananya akan melaksanakan uji coba terakhir dengan kurang lebih 300 kader pendata yang akan melakukan input data ke aplikasi. Uji coba ini bertujuan untuk melakukan simulasi nyata sehingga bila terjadi kesalahan teknis entah itu dari sisi aplikasi ataupun kader dapat ditanggulangi. Pelaksanaan uji coba direncakan pada tanggal 29 Maret 2021.

Kelurahan Serengan Kecamatan Serengan

Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari

Kelurahan Timuran Kecamatan Banjarsari

Kelurahan Gendakan Kecamatan Jebres

Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres

Kelurahan Purwosari Kecamatan Laweyan

Kelurahan Sondakan Kecamatan Laweyan

Kelurahan Baluarti Kecamatan Pasar Kliwon

Kelurahan Gajahan Kecamatan Pasar Kliwon

Kelurahan Danukusuman Kecamatan Serengan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *