BKB EMAS, IBU DAN HARUS TAU TENTANG STUNTING

BKB EMAS, IBU DAN HARUS TAU TENTANG STUNTING

Surakarta – 2 Juni 2021 di Kelurahan Tipes dan Sangkrah diadakan pertemuan untuk mengedukasi ibu dan juga keluarga tentang pentingnya 1000 hari pertama kelahiran dan masalah – masalah yang bisa menyebabkan stunting. Acara dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk (DPPKB) Kota Surakarta sebagai bentuk bahwa setiap kegiatan kegiatan dinas adalah kegiatan penting dan tentunya membantu dalam menyukseskan program – program pemerintah . Seperti yang sering dibicarakan Presiden telah menunjuk BKKBN sebagai pemimpin dalam penanganan kasus stunting di Indonesia. Bina Keluarga Balita (BKB) adalah salah satu sarana yang bisa digunakan untuk mengedukasi para ibu dan keluarga yang akan atau sudah memiliki balita agar lebih mengerti dan paham bahaya stunting bagi anak.

Pengedukasian dilakukan pada tingkat kelurahan untuk mengurangi kerumunan dan mengurangi peserta dimasa pandemi, pelaksanaan edukasi dilakukan perkelurahan dengan tujuan untuk lebih mendekatkan dengan masyarakat sehingga masalah – masalah bisa lebih terdengar dan penentuan kebijakan dan pengedukasian bisa lebih tepat sasaran. Banyak masalah penyebab stunting diantaranya ekonomi, kehamilan tidak diinginkan (KTD), ketidaktahuan orangtua dan keluarga tentang pola asuh dan masih banyak lagi. Ini juga yang menjadi alasan mendasar pentingnya perencanaan dalam berkeluarga.

Pembinaan terkait stunting akan terus dilakukan di kelurahan – kelurahan di Kota Surakarta dengan pendampingan dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Surakarta. Dengan adanya pembinaan ini diharapkan masyarakat pada umumnya, ibu dan keluarga pada khususnya lebih sadar dan mengerti bahwa pencegahan stunting sangat penting. Demi anak yang cerdas dan sehat perlu adanya pola asuh yang baik dari orangtua, keluarga dan lingkungan sekitar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *